Ditempa, Terbentuk Kemudian

OSIS Saint Paul is come back!

Setelah sekian lama vakum dari kegiatan sekolah, kini OSIS SMAK Santo Paulus kembali datang dengan wajah-wajah baru. Pengurus OSIS tahun ajaran 2022/2023 menjadi kepengurusan dengan jumlah anggota terbanyak jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu sejumlah 39 orang. Mereka dibagi dalam tujuh departemen, yaitu: Departemen Inti, Departemen Rohani, Departemen Ekologi, Departemen Seni, Departemen Olahraga, Departemen Kewirausahaan, dan Departemen Humas.

Pengurus OSIS baru menjalani Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) mulai tanggal 12 sampai 14 Mei 2023. Kegiatan diadakan di SMAK Santo Paulus dan Agro Wisata PPG Cluster Durian Sidomulyo Garahan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan penguatan bagi calon pengurus OSIS baru.


Hari pertama, Jumat, 12 Mei 2023, pengurus OSIS berkumpul di perpustakaan untuk mengisi daftar hadir serta doa pagi. Kegiatan Diklat dibuka oleh Kepala Sekolah Br. Yohanes Suparno, O.Carm dan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi pertama ‘Struktur Organisasi dan Visi Misi Sekolah’ disampaikan oleh Bu Eli. Materi kedua ‘Surat Menyurat – Administrasi’ disampaikan oleh Bu Dyah. Selain itu, para pengurus OSIS mendapatkan penguatan dan motivasi dari Suster Vero, PPYK. Setelah mendapatkan materi, para pengurus OSIS istirahat sejenak agar tidak jenuh. Mereka makan siang bersama di Kantin Sekolah dan dilanjutkan tidur siang di ruang kelas yang sudah ditentukan oleh panitia.

Saat sore hari kegiatan dilanjutkan dengan sharing kakak OSIS lama, yaitu Theodorus Dani (lulusan tahun 2020) dan Angel Victoria Lee (lulusan tahun 2023). Mereka menceritakan pengalaman OSIS selama kepengurusan tahun 2020/2021 namun saat itu kepengurusan terhenti karena pandemi. Pada malam hari, kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan Program Kegiatan Tahunan, refleksi, dan istirahat malam. Namun ternyata saat istirahat, sekitar jam 03.00 mereka dibangunkan oleh panitia untuk mengelilingi sekolah dengan mata ditutup. Mereka berkeliling melewati pos dan menyicipi berbagai rasa makanan. Di Pos 1, mereka menyicipi rasa gula dan garam. Di Pos 2, mereka menyicipi rasa cokelat dan kopi. Di Pos 3, mereka menyicipi rasa jeruk nipis dan sambal. Rasa-rasa tersebut diibaratkan pengalaman yang akan mereka alami selama kepengurusan OSIS, ada rasa bahagia, senang, bangga, manis, sedih, dan kecewa.

Hari kedua, Sabtu, 13 Mei 2023 kegiatan diisi dengan materi tentang ‘Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC)’ oleh Universitas Bina Nusantara Malang. Acara dilanjutkan dengan penyampaian program kerja setiap divisi. Setelah itu, mereka bersiap untuk keberangkatan ke Agro Wisata PPG Cluster Durian Sidomulyo Garahan. Mereka berangkat dengan menggunakan Truk Militer 509 yang dikemudikan oleh bapak TNI. Murid sangat antusias karena ini merupakan pengalaman pertama. Sesampainya di sana, murid mengatur barang bawaan dan membersihkan diri. Acara dilanjutkan dengan basuh kaki dan refleksi kegiatan. Pada sesi ini anggota Departemen Inti membasuh dan mencium kaki para pengurus departemen dan pembina OSIS. Setelah itu, pembina OSIS membasuh dan mencium kaki anggota Departemen Inti. Sesi ini menjadi momen yang mengharukan. Pembasuhan ini bertujuan untuk menyadarkan mereka bahwa menjalankan OSIS berarti melayani satu sama lain dalam kasih.

Hari ketiga, Minggu, 14 Mei 2023 kegiatan dibuka dengan outbond. Peserta mengelilingi area penginapan dan bermain di pos-pos yang dijaga oleh panitia. Permainan di setiap pos memiliki makna masing-masing, mulai dari kerja sama, kekompakan, kepercayaan, dan lain-lain. Di pos paling terakhir murid bermain bersama kelompoknya di sungai. Mereka nampak senang karena sebelumnya tidak pernah bermain di sungai. Kegiatan hari ketiga ditutup dengan ikrar janji OSIS dan berfoto bersama.
Semoga kepengurusan OSIS di tahun ini bisa menjalankan tugas dengan baik.
Semangat….
Bravo OSIS Saint Paul!

Oleh: Claudia Natashia Tiurria Sitorus, S.H.
Fotografer: Helena Yuniwati Soedjarwo, S.Pd.