Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

TAK HANYA MENGAJAR, GURU PUN HARUS BANYAK BELAJAR

hots

Sabtu (13/04/2019)–Pada hari ini, SMA Katolik Santo Paulus mendatangkan pakar untuk memberikan pelatihan bagi para guru terkait dengan pembelajaran HOTS dengan UKBM. Beliau adalah Ari Damari, M.Pd., penulis buku ajar dan sekaligus guru SMA Negeri 5 Surabaya. Pada pelatihan ini, guru-guru diajak untuk semakin mengenal pembelajaran dengan UKBM serta pembelajaran dan pembuatan soal HOTS. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dengan menggunakan UKBM. Tak hanya mengajar, guru SMA Katolik Santo Paulus juga diajak untuk selalu belajar.

SMAK SANTO PAULUS TURUT MELIBATKAN MURID UNTUK MEMPERSIAPKAN PERAYAAN MINGGU PALMA

Jumat (12/04/2019)–Hari ini, SMAK Santo Paulus mengimbau murid-murid, khususnya murid Katolik untuk membawa daun palma. Daun-daun palma tersebut dikumpulkan di sebuah meja depan ruang resepsionis. Daun palma itu akan digunakan saat Perayaan Minggu Palma yang akan diperingati dua hari lagi. Tahukah kalian tentang perayaan Minggu Palma? Minggu Palma adalah hari peringatan dalam gereja Katolik yang merupakan permulaan dari Pekan Suci menjelang Paskah. Minggu Palma jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Perayaan Minggu Palma ini mengajak umat nasrani untuk mengingat kembali peristiwa Yesus masuk dan dielu-elukan sebagai Raja di Yerusalem sebelum Ia disalibkan. Sebelum merayakan misa pada Minggu Palma, umat akan melambai-lambaikan daun palma yang telah diberkati dalam perarakan menuju gereja (Ivan Hernando/XA3/14).

 

MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI PEMBELAJARAN

ag

Jumat (22/03/2019)–Pelajaran Agama kelas XI kini membahas materi mengenai masalah yang dihadapi dunia. Di dalam materi itu terdapat sub bab yang menjelaskan tentang perjuangan universal untuk melestarikan lingkungan. Hari ini kelas XI IPS 3 mendapatkan tugas kelompok. Setiap anggota kelas wajib membawa alat musik apapun. Kelas XI IPS 3 terbagi menjadi 6 kelompok. Tugas yang diberikan oleh guru agama yaitu setiap kelompok wajib membuat lagu mengenai lingkungan sekitar. Murid-murid dilarang menggunakan nada yang terdapat di dalam sebuah lagu. Lagu yang dibuat benar-benar berdasarkan ciptaan dari anggota kelompok itu sendiri. Lagu yang dibuat memliki durasi waktu yang sudah ditentukan oleh guru agama. Waktu maksimal selama 4 menit, sedangkan waktu minimalnya selama 2 menit. Kelas XI IPS 3 diberi waktu selama 2 minggu untuk menyiapkan lagu yang akan ditampilkan di depan kelas. Di dalam lagu tersebut memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria pertama yaitu masalah yang dihadapi oelh bumi atau alam lingkungan. Kriteria kedua yaitu himbauan untuk mencintai bumi atau alam lingkungan sebagai anugerah ciptaan Tuhan. Kriteria yang terakhir yaitu mengangungkan kebesaran Tuhan. Melalui tugas ini setiap murid diharapkan bisa meningkatkan setiap kreatifitas yang dimiliki. Selamat berkreatifitas teman-teman! (Amelia Felicia P XI IPS 3/01)

MENGEMBANGKAN BAKAT DALAM BIDANG BULU TANGKIS

Kamis (21/03/2019)-Mengembangkan bakat dapat kita tuangkan dengan cara mengikuti ekstra. Salah satu ekstra di SMAK Santo Paulus yaitu ekstra bulu tangkis putri. Bagi siswi Smak Santo Paulus dapat mengembangkan bakat dan hobi berolahraga bulu tangkis dengan mengikuti ekstra bulu tangkis putri. Ekstra ini dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 15.00 WIB di GOR SMAK Santo Paulus. Ekstra ini dilatih oleh Pak Heri. Tidak mengembangkan bakat dan hobi saja, tetapi jika ada murid ada yang tidak bisa, maka akan dibimbing dan diajari dari awal bagaimana cara bermain bulu tangkis yang benar dan tepat. Sebelum melakukan permainan, para murid selalu melakukan pemanasan terlebih dahalu seperti: lari keliling GOR dan lapangan 3 kali , berlari kecil maju mundur agar melatih kecepatan dan ketepatan langkah . Dengan adanya ekstra ini siswi – siswi dapat ahli dalam bidang olahraga khususnya bulu tangkis (Jane Ignacia S. XS1/16).

BAT

BELAJAR ITU DAPAT MELALUI APA SAJA

Senin (18/03/2019)–Hari senin adalah hari yang paling malas bagi kebanyakan murid. Namun, beda hal dengan kelas yang satu ini, kelas XIS4. Setelah lelahnya dari berolahraga pada jam pertama dan kedua. Tak hanya pelajaran sinema yang bisa kita tonton tetapi juga pada jam sosiologi (Pak Guntur) tepatnya pada jam ketiga dan keempat. Mereka diajak untuk kembali mengingat peristiwa sejarah dengan menonton sebuah film yang berjudul “First they Killed My Father”. Film ini berasal dari kisah nyata pada tahun 1975-1979. Apa hubungannya sosiologi dengan film ini? Hubungan adalah film ini mengisahkan bagaimana kamboja setelah lepas dari amerika. Dan ada sebuah komunitas, yang menurut mereka semua tidak ada perbedaan, semua setara, barang barang pribadi mereka diambil oleh Komunitas. Jika tidak mengikuti apa kata Komunitas, mereka akan dihukum.  Lebih dari 2 juta oraang meninggal karna kejadian ini. Beginilah keasyikan dari pembelajaran di SMAK Santo Paulus. Tentunya masih banyak lagi pembelajaran yang menarik di sekolah kita tercinta ini (Keiko Leonata I. Kelas XIS4/16).

SOS

KELAS SENI SUARA DI SMAK SANTO PAULUS JEMBER

sensuuu

Selasa (19/03/2019)–Selain belajar seni rupa di SMAK Santo Paulus Jember, murid juga diajari seni suara. Guru seni suara di Santo Paulus Jember adalah Bapak Leopordus Libero atau biasa dipanggil Pak Ibe. Di kelas XI ini, murid-murid diajari untuk menyanyikan satu buah lagu yang dipilih oleh Bapak Ibe. Judul lagu ini adalah April is in my misterss’ face. Di proses pembelajaran kelas Pak Ibe akan membagi menjadi empat kelompok berdasarkan jenis suaranya. Jenis-jenis suara tersebut adalah Sopran, Alto, Tenor, dan Bass. Sopran dan Alto untuk kelompok wanita sedangkan, Tenor dan Bass untuk kelompok laki-laki. Setiap jenis suara memiliki ciri khas yang berbeda-beda ada yang suara tinggi ada juga yang suara rendah. Tujuan pembagian kelompok ini adalah untuk menyatukan semua suara menjadi suatu lagu yang indah dan enak didengar (Devita Kelas XI IPS2)

TAMPILKAN KREATIVITASMU!!

Sabtu (16/03/2019)–Hari ini, suasana perpustakaan SMAK Santo Paulus berbeda dari biasanya. Hal itu dikarenakan hari ini adalah hari terakhir lomba dramatisasi sekaligus pengumuman juara lomba. Sejak pukul 13.00 WIB, perpustakaan dipadati dengan murid-murid dari kelas 10 dan 11. Penampilan pertama dari kelas XI IPA 1 sukses memukau para juri. Mereka mendramatisasikan novel berjudul Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye. Lalu dilanjutkan penampilan dari kelas X IPS 1, XI IPS 1, X MIPA 4, dan XI IPA 2. Waktu yang paling ditunggu-tunggu pun tiba. Pak Ujang, Pak Miko, dan Bu Dyah selaku para juri mendiskusikan siapa yang layak meraih juara 1, 2, dan 3. Setelah kurang lebih 10 menit, para juri menyampaikan komentar-komentar mengenai penampilan lomba dramatisasi dari setiap kelas. Setelah itu, Pak Ujang mulai membacakan pemenang lomba dramatisasi tahun 2019. Juara satu, dua, dan tiga secara berturut-turut diraih oleh kelas XI IPA 1, XI IPS 4, dan XI IPA 3. Murid-murid yang menjadi juara langsung bersorak senang. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah oleh para juri. Tak lupa mereka juga berfoto bersama. Selamat bagi para juara lomba dramatisasi tahun 2019! Ivan H. Kelas X IPA3)

DRA